Antisipasi 3 Gejala Umum Diabetes dengan Mengontrol Gula Darah

Kamis, 03 November 2022 - 19:32 WIB
loading...
Antisipasi 3 Gejala Umum Diabetes dengan Mengontrol Gula Darah
diabetesKadar glukosa dalam darah yang melonjak tinggi seringkali menimbulkan diabetes. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Kadar glukosa dalam darah yang melonjak tinggi seringkali menimbulkan diabetes . Ini bisa terjadi karena tubuh tidak mampu lagi menghasilkan atau memproduksi insulin sama sekali.

Bahkan, insulin yang dihasilkan oleh kelenjar pankreas tidak berfungsi efektif sehingga tidak mampu lagi mengontrol kadar gula darah .

Secara umum, diabetes memiliki tiga kategori yaitu tipe 1, tipe 2, dan tipe gestasional. Pada tipe 1, tubuh kita tidak dapat memproduksi insulin sama sekali. Sedangkan tipe 2, insulin yang dihasilkan tidak efektif atau kurang. Sedangkan tipe gestasional umumnya dialami oleh wanita yang sedang mengalami kehamilan.

Baca juga: Fomepizole Ampuh Atasi Gangguan Ginjal Akut, Kemenkes Kembali Pesan 70 Vial dari AS

Dari ketiga tipe Diabetes ini glukosa tidak lagi dapat masuk ke sel di tubuh kita, sehingga menumpuk di dalam darah. Akhirnya lambat laun hal ini mengarah ke gejala diabetes.

Dokter Jeffri Aloys Gunawan, Sp.PD, CHt, FINASIM, mengatakan jika terdapat 3 gejala diabates yang perlu diketahui.

"Gejala-gejalanya disebut dengan 3P. Pertama, Polifagia yaitu banyak makan, jadinya ya mudah lapar. Kedua, Polidipsia alias banyak minum jadi mudah sekali haus. Lalu, ketiga yaitu Poliuria, banyak ke toilet atau banyak pipis," ungkap dr. Jeff dalam rebranding mGanik melalui Shopee Live, belum lama ini.

"Gejala ketiga tersebut sering sekali terjadi oleh penderita diabetes, karena disebabkan adanya kebocoran dari urine. Jadi ada gula yang terlalu banyak sehingga turun dan akhirnya keluar di urine," lanjutnya.

Gejala Poliuria sendiri memang sering dialami penderita diabetes. Terkadang terdapat juga gejala-gejala penyerta lainnya.

Jika terjadi komplikasi, dr. Jeff mengutarakan jika terdapat gejala-gejala yang kerap dialami para penderita diabetes. Di antaranya merasa lemas atau sering merasa lelah, dikarenakan adanya perubahan pada masuknya gula darah ke dalam sel tubuh pada penderita diabetes.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1771 seconds (0.1#10.140)